Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Kotamobagu Gelar Trauma Healing Anak Korban Banjir di Gogagoman

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3A) Kotamobagu, menyelenggarakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak korban banjir di RT 24 Kelurahan Gogagoman, Kamis (7/12/2023).

Plt. Kepala BPBD Kotamobagu, Asrianty ST MM, mengungkapkan harapannya agar anak-anak dan warga yang terdampak banjir tidak mengalami trauma yang dalam.

“Alhamdulillah, dalam tiga hari mereka sudah mulai ceria, apalagi dengan adanya trauma healing dari teman-teman DP3A. Mudah-mudahan mental anak-anak akan makin pulih,” ujar Asrianty.

Sementara itu, Kepala DP3A Kotamobagu, Sarida Mokoginta, melalui Kabid Perlindungan Hak Perempuan, Khusus Anak, Pemenuhan Hak Anak, Marini Mokoginta, menambahkan dalam kegiatan trauma healing tersebut pihaknya bekerja sama dengan Forum Anak Daerah Kota Kotamobagu dan seorang Psikolog Klinis.

“Metode yang digunakan dalam trauma healing salah satunya adalah storytelling. Kami mencoba memancing anak-anak agar mereka bisa merefleksikan rasa ketakutan yang dirasakan sehingga dapat diurai seperti mengurai benang yang kusut,” ungkap Marini.

Dengan dilaksanakannya kegiatan trauma healing ini, diharapkan anak-anak yang menjadi korban banjir dapat berhasil disembuhkan dan mendapatkan dukungan psikologis yang dibutuhkan untuk pulih dari pengalaman traumatis tersebut.(YA)