Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

RSUD Kotamobagu Gelar Bimtek Aplikasi FORSA BLUD

TAJUK KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu, menggelar Bimtek Implementasi Aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (FORSA BLUD).

Plt Kepala Dinas kesehatan dan Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu Ns Fernando M. Mongkau S.Kep M.Kes, Selasa (8/8/2023) mengatakan, Bimtek FORSA BLUD merupakan hasil kerjasama antara RSUD Kotamobagu dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Utara.

“Aplikasi FORSA BLUD ini dikembangkan oleh BPKP dan Bimtek ini diselenggarakan oleh perwakilan BPKP Sulawesi Utara,”ujarnya.

Dia juga mengatakan, penggunaan aplikasi FORSA BLUD sangat mendukung pengelolaan sistem keuangan RSUD Kotamobagu. RSUD Kotamobagu sudah mengelola keuangan secara mandiri.

“Dengan aplikasi FORSA BLUD, pengelolaan keuangan terintegrasi langsung dengan BPKP, sehingga lebih transparan dan memudahkan pelaporan realisasi keuangan di bawah pengawasan BPKP,”terangnya.

Lanjutnya, RSUD Kotamobagu adalah salah satu dari dua rumah sakit di Sulawesi Utara yang telah mengimplementasikan aplikasi FORSA BLUD dalam pengelolaan keuangan.

“Di Sulawesi Utara, hanya Rumah Sakit Walanda Maramis Manado dan RSUD Kotamobagu yang sudah menerapkan FORSA BLUD, dan Pelaksanaan bimtek berlangsung dari hari ini hingga Kamis, 10 Agustus. Setelah bimtek selesai, akan dilanjutkan dengan peluncuran resmi yang direncanakan akan diadakan pekan depan, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kotamobagu dan BPKP perwakilan Sulawesi Utara,” tutupnya.