Wali Kota Padangsidimpuan Apresiasi Kinerja dalam Pelayanan Publik

TAJUK PADANGSIDIMPUAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Padangsidimpuan, Dr. Letnan, SKM, M.Kes, yang diwakili oleh Plh. Sekda, Rahuddin Harahap, SH, MH, memberikan apresiasi atas hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.

Pemberian sertifikat penghargaan dilakukan secara langsung, di Halaman Kantor Walikota Padangsidimpuan, usai upacara peringatan HUT ke-52 KORPRI, Rabu (29/11/2023).

Sertifikat penghargaan ini diberikan kepada Bagian Organisasi Sekretariat Kota Padangsidimpuan, Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan, dan Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Dalam evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Kota Padangsidimpuan meraih predikat naik nilai “A” dengan indeks 4,04 untuk tahun 2023.

Plh. Sekda mengatakan, pemantauan dan evaluasi ini dilakukan terhadap setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen, dan badan hukum lain yang bertugas dalam kegiatan pelayanan publik.

“Unit Pelayanan Publik (UPP) menjadi lokus penilaian, dan kami memberikan sertifikat penghargaan kepada unit lokus yang dinilai pada tahun 2023. Koordinator penilaian PEKPPP adalah Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kota Padangsidimpuan,” ujarnya.

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padangsidimpuan meraih nilai indeks 4,24 dengan kategori A, Dinas Sosial dengan nilai indeks 3,98 dan kategori B+, serta Kecamatan Padangsidimpuan Utara memperoleh nilai indeks 3,91 dengan kategori B+.

Hal ini menjadi pencapaian luar biasa yang mendukung kualitas pelayanan publik yang baik, sebagai kunci utama untuk memenuhi harapan masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang positif.

Dia juga menegaskan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik bukan hanya bertujuan untuk menghasilkan angka Indeks Pelayanan Publik, melainkan juga untuk meningkatkan kinerja penyelenggara pelayanan publik secara berkala.

“Dengan demikian, pemerintah Kota Padangsidimpuan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang unggul dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik,” tutupnya.(Stevenson)