Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Bolmut Laksanakan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Siskeudes


TAJUK BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena M.AP membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa, melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0.5) Berbasis Online, yang berlangsung di The Sentra Hotel Minahasa Utara, Selasa (5/9/2023).

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan sebagaimana diketahui bersama bahwa, telah ditetapkannya undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Desa diberi kewenagan untuk mengatur desa termasuk kewenangan mengatur keuangan desa, sehingga salah satu indikator penyelenggaraan pemerintah adimintrasi yang baik dalam penyelenggaraan Pemerintah desa, adalah terwujudnya tata kelola keuangan desa yang memenuhi prinsip prinsip mekanisme, tata cara pengelolaan keuangan sesuai regulasi yang ada,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan hal tersebut pembinaan, pengawasan, dan fasilitasi penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa, maka, BPKP bersama Kementerian dalam negeri telah melauncing sistem keuangan desa (SISKEUDES) Berbasis online yang dirancang untuk membuat laporan pengelolaan keuangan desa secara REAL TIME dan UP TO DATE, Sehingga Pemerintah daerah, provinsi dan Pusat dapat informasi secara cepat.

“Olehnya dalam Pengelolaan keuangan desa harus dikelola Berdasarkan asas transparan, akuntabel, Partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Hal ini Bertujuan untuk memajukan serta memakmurkan desa, untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut, maka setiap desa harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Terutama dalam hal mengoprasikan sebuah teknologi komputer serta harus Bisa Mengoprasikan aplikasi Siskeudes,” ucap Amin.

Dia juga berharap agar para peserta Bimtek penggelolaan keuangan desa dapat Menerima, mempelajari dan mampu menerapakan pada saat melaksanakan pengelolaan keuangan desa.

“Mari kita bangun komitmen untuk meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabelitas pengelolaan keuangan desa dengan baik dan Benar,” ajaknya.

Untuk itu, harus mengupayakan terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang lebih bersih, kian transparan, serta makin responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam rangka menjawab tuntutan masyarakat akan pelaksanakan Good Governance.

“Setiap tuntutan masyarakat akan kita jadikan sebagai pedoman, perhatian dan motivasi bersama untuk lebih menegakkan disiplin diseluruh aspek penyelenggaraan Pemerintahan, Baik itu disiplin anggaran, disiplin waktu dispilin kerja. Sehingga diharapakan kinerja aparatur pemerintah daerah khususnya para kepala desa Sekabupaten Bolaang Mongondow Utara akan Semakin Optimal,” tutupnya.

Turut Hadir, Koordinator Pengawas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Perwakilan Prov Sulut, Glen Davis Siwu, Kapolres Bolmut di Wakili Kanit IV Tipikor, Ipda Rio K. Sasuang S. Sos, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut diwakili Kasie Pidana Khusus, Eka Putra Palimpung SH, MH, Direktur Sarei Samanong Research Intitute Jakarta, Hasrianto, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Rachmat R. Pontoh S.H M.Si, sekaligus Plh Kadis PMD, Pimpinan OPD Terkait, Para Camat Se-kabupaten Bolmut, serta Para Kepala Desa Se-kabupaten Bolmut. (Yogi)