DPRD Kota Kotamobagu Advertisment

KPU Kotamobagu Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

TAJUK KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu menggelar Deklarasi Kampanye Damai dalam rangka penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, Senin (23/9/2024).

Deklarasi Damai yang berlangsung di halaman kantor KPU Kotamobagu ini dihadiri oleh Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, unsur Forkopimda, pemuka agama, serta pasangan calon (paslon) peserta Pilkada.

Acara dimulai dengan pembacaan doa lintas agama yang diikuti dengan pembacaan deklarasi kampanye damai, dipimpin oleh Kadiv Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Hairun Laode. Tiga paslon yang hadir turut mengikuti prosesi ini. Setelah itu, penandatanganan berita acara deklarasi dan pakta integritas Pilkada Damai dilakukan oleh seluruh paslon.

Ketua KPU Kotamobagu, Mishart Ajinulah Manoppo, dalam sambutannya menyampaikan pesan penting kepada para paslon dan massa pendukung terkait pelaksanaan kampanye.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan kampanye yang aman dan damai. Pilihlah pemimpin sesuai dengan hati nurani. Kami yakin ketiga paslon adalah putra-putri terbaik Kotamobagu yang mampu membangun kota ini,” ungkap Mishart.

Dia juga menekankan bahwa dalam deklarasi tersebut, ketiga paslon telah berkomitmen untuk menaati seluruh peraturan selama Pilkada.

“Mereka berjanji untuk melaksanakan kampanye yang santun, damai, dan sehat. Kami berharap pendukung tidak melakukan kampanye yang menebarkan hoax, fitnah, atau perpecahan,” lanjutnya.

Mishart menambahkan pentingnya menciptakan Pilkada yang ramah lingkungan.

“Mari kita ciptakan kampanye yang mengedepankan lingkungan. Hindari penggunaan alat peraga kampanye (APK) yang merusak alam, seperti pemasangan di pohon, dan batasi penggunaan kemasan plastik selama kampanye,” ajaknya.

Acara Deklarasi Kampanye Damai ditutup dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol harapan untuk Pilkada yang aman dan damai, diikuti dengan komitmen bersama dari KPU Kotamobagu, Forkopimda, dan seluruh paslon.