Bawaslu Bolsel Gelar Rapat Evaluasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

TAJUK, BOLSEL – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Wira Bidjuni memimpin rapat evaluasi pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) partisipatif pada tahapan Pemilu Tahun 2024.

Rapat itu diikuti oleh Pantia Penwas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Bolsel, Jum’at 26 Juli 2024, di Wompoga, Desa Popodu.

Ketua Bawaslu Wira Bidjuni mengatakan rapat ini merupakan salah satu bentuk refleksi dari pengawasan Pemilu 2024 serta mengapresiasi kinerja Panwaslu Kecamatan.

“Evaluasi ini adalah bentuk pertanggung jawaban atas kerja-kerja Panwaslu Kecamatan dalam melakukan pengawasan,” kata Wira.

Wira berharap melalui rapat evaluasi ini dapat menjadi salah satu tolak ukur guna meningkatkan kualitas pengawan Pemilu 2024.

“Saya berharapa rekan-rekan dapat membuat catatan-catatan yang kemudian dapat menjadi rekomendasi bagi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,” harap Wira.

Selanjutnya, Wira menyampaikan keberadaan pengawas partisipatif pada setiap penyelenggaraan pemilihan umum sangatlah penting.

“Terlebih dalam menghadapi tahapan Pilkada serentak yang sementara kita hadapi bersama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tidak mungkin keberadaan pengawas pemilu di setiap tingkatan mampu melihat semua apa yang harus diawasi pada setiap tahapan.

Karena menurutnya, jumlah pengawas di tingkat kecamatan hanya 3 orang dan di desa hanya 1 orang.

“Dengan jumlah pengawas yang terbatas, akan sangat sulit untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh, jadi penting kita membentuk pengawasan partisipatif,” jelas Wira.***