Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Mewakili Bupati, Uteng Datunsolang Buka Bimtek SMKK dan Uji Sertifikasi Petugas K3 Konstruksi

TAJUK BOLMUT – Bertempat di Aston Hotel Manado Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Uteng Datunsolang, S.Pd.,M.Si  membuka secara Resmi Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi  (SMKK) dan Uji Sertifikasi Petugas K3 Kontruksi, Senin (10//7/2023).

Dalam sambutannya Bupati Bolaang Mongondow Utara yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Uteng Datunsolang, S.Pd.,M.Si mengatakan semua sepakat bahwa, apa yang dilaksanakan saat ini merupakan wujud, untuk terus menunjukan perhatian serius dalam memberikan pemahaman dan kemampuan kepada aparatur dan penyedia jasa.

“Terkait penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK), serta memberikan pemahaman terkait mengenai tugas, tanggung jawab dan wewenang dalam pengerjaan konstruksi serta mendukung terlaksananya Keselamatan, Ketekhnikan Konstruksi, guna tercapainya proses dan hasil pekerjaan konstruksi yang berkualitas,” jelasnya.

Lanjutnya, Faktor utama terjadinya Kecelakaan Kerja yang terbanyak adalah dari sektor konstruksi. Banyaknya jumlah kecelakaan didominasi dari pekerjanya yang bekerja pada kondisi yang tidak aman serta sikap kerja yang tidak nyaman, sehingga Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) ini bukan hanya untuk di ingat, melainkan harus disosialisasikan bagaimana merubah sikap dan pola pikir.

Dalam ketentuan sudah ditegaskan baik pengguna maupun penyedia wajib memahami isi dari SMKK mulai dari susunan organisasi, kebijakan K3, penerapan pengawasan serta pembiayaan penawaran dan pelaksanaan K3 konstruksi. persyaratan kepemilikan petugas dan ahli konstruksi merupakan hal yang mutlak harus dimiliki oleh satker dan penyedia agar semua pihak bertanggung jawab atas konstruksi ini.

Pada akhir sambutannya Bupati mengharapkan kepada peserta Bimbingan Teknis agar dapat menerima, mempelajari dan memahami dengan sungguh-sungguh seluruh materi yang diberikan, sehingga sasaran dari kegiatan dapat tercapai yaitu tersedianya petugas keselamatan konstruksi dalam mendukung penyelenggaraan konstruksi di Bolaang Mongondow Utara dan kedepannya agar supaya Bimbingan Teknis ini dapat diikuti oleh seluruh SKPD terutama PA, KPA dan PPTK.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Rudini Sumitro Masuara, ST, Kepala Balai Jasa Konstruksi wilayah VI Makassar yang diwakili Fungsional Madya Pengadaan Barang dan Jasa Sutopo, ST, para narasumber serta peserta dari pihak penyedia jasa dan dari instansi PUPR Provinsi Sulawesi Utara khususnya pada bidang Jasa Konstruksi.

(Yogi)