Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Kotamobagu Raih Penghargaan Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023

TAJUK KOTAMOBAGU – Kota Kotamobagu meraih prestasi membanggakan setelah berhasil masuk dalam Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023, yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kemendagri, Kemen PAN RB, dan Bappenas RI.

Penghargaan diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kotamobagu, Moch Agung Adati, ST., M.Si., di Nusantara Hall Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (7/12/2023).

Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, mengatakan, hari ini Pemerintah Kota Kotamobagu menerima penghargaan sebagai satu di antara 10 kota se-Indonesia yang masuk Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023.

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap keberhasilan Kota Kotamobagu masuk dalam 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang terlibat dalam Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023. Selain itu, penghargaan juga mencerminkan komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu dalam menyusun dokumen Masterplan Smart City, termasuk aspek kebijakan dalam implementasi Smart City di daerah,” ujarnya.

Fahri menjelaskan, konsep Smart City mencakup enam dimensi yang menjadi fokus perhatian pemerintah daerah, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Environment, Smart Economy, dan Smart Society. Kota Kotamobagu telah memulai upaya untuk membangun fondasi Kota Cerdas ini secara bertahap, sebagaimana tercantum dalam dokumen masterplan smart city.

“Implementasi Smart City membutuhkan keterlibatan semua stakeholder, termasuk dukungan masyarakat. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu di bawah kepemimpinan Pak Penjabat Wali Kota, dalam upaya menuju Kota Cerdas di Indonesia,” tambah Fahri.(YA)