Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Rachmat Pontoh Buka Sosialisasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Aparatur Desa

TAJUK BOLMUT – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sirajudin Lasena, SE, M.Ec.Dev, yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I), Rachmat R. Pontoh, SH., M.Si., membuka pelaksanaan Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kepada Aparatur Pemerintah Desa, yang berlangsung di Gedung Wanita di Kawasan Wisata Pantai Batu Pinagut, Rabu (6/12/2023).

Kegiatan ini juga dilakukan penyerahan simbolis sertifikat kepesertaan kepada Perangkat Desa Inomunga Utara.

Dalam sambutan Pj Bupati yang dibacakan oleh Asisten I Rachmat Pontoh, menyampaikan tindak lanjut terhadap Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Pemerintah Daerah mengambil langkah-langkah, salah satunya agar pegawai pemerintah dengan status non ASN seperti Sangadi dan Aparat Desa menjadi peserta aktif dalam BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Program BPJS Ketenagakerjaan untuk Sangadi dan Aparat Desa mencakup perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), perlindungan Jaminan Kematian (JKM), dan Tabungan Hari Tua (THT).

Menurut Asisten I, tujuan dari program ini adalah peningkatan kesejahteraan Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Ditahun 2024, kami berharap 106 Desa sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Harus ada penganggaran pelindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk Sangadi dan Aparat Desa agar seluruh Perangkat Desa dapat bekerja keras tanpa cemas,” tambahnya.

Turut hadir, perwakilan Kajari Bolmut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kotamobagu, Syafril Muin, ST, beserta tim, pimpinan OPD, serta para Sangadi. Semoga dengan program ini, kesejahteraan masyarakat di tingkat desa dapat semakin meningkat.(Yogi)