Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Kotamobagu Dukung Misi Kemanusiaan BASARNAS dengan Pelatihan MFR

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menunjukkan komitmennya dalam mendukung misi kemanusiaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Dukungan ini disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, melalui Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Massinae, saat membuka secara resmi Pelatihan Teknis Medical First Responder (MFR) untuk Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Hotel Sutanraja, Kotamobagu, Kamis (26/9/2024).

Dia menjelaskan, BASARNAS sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, perlu mendapatkan bantuan dan dukungan dari setiap daerah, termasuk Pemkot Kotamobagu.

“Pemerintah Kota Kotamobagu siap membantu dan mendukung BASARNAS dalam setiap misi kemanusiaan,” ujarnya.

Dia juga menekankan, tugas BASARNAS yang membawa misi kemanusiaan merupakan tanggung jawab setiap pemerintah daerah.

“BASARNAS dengan misi kemanusiaan ‘Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa’ wajib kita dukung, karena ini adalah tugas prioritas dalam menangani setiap bencana alam nasional,” tambahnya.

Dalam konteks pelaksanaan pelatihan MFR yang digagas oleh BASARNAS, dia berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan potensi SAR di daerah.

“Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan serta Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2017, diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas SAR di daerah agar lebih terlatih dan mampu memberikan pertolongan pertama yang efektif kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya.