Pemkab Bolsel Terima Bantuan dari BPMP Provinsi Sulut untuk Sekolah Terdampak Banjir dan Longsor

TAJUK, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menerima bantuan bencana alam dari Kemendikbudristek, melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bantuan berupa paket alat tulis menulis serta satu unit tende ini, diserahkan oleh Kepala BPMP Provinsi Sulut, melalui Kasubag Umum, Doni Punu, Kepada Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru S.Pt, M.Si, yang diterima oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bolsel, Alsyafri Kadullah, bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), kawasan perkantoran Panango, Kamis 5 September 2024.

Bantuan ini selanjutnya secara simbolis diserahkan oleh, BPMP dan Pemkab Bolsel kepada Kepala SD Mataindo, SD Torosik dan SMPN Kombot.

Membawakan sambutan Bupati, Asisten I Setda Bolsel menyampaikan ucapan terima kasih Pemkab Bolsel, khususnya Bupati dan Wakil Bupati Bolsel atas adanya bantuan bencana alam bagi lembaga satuan pendidikan yang terdampak musibah banjir oleh BPMP Provinsi Sulut.

“Adanya bantuan ini tentu sangat dibutuhkan serta membantu dalam upaya pemulihan pasca banjir, khususnya dalam dunia pendidikan di daerah. Karena saat banjir kemarin, sejumlah sekolah terdampak, bahkan beberapa sekolah diantaranya belum dapat melaksanakan proses belajar mengajar,” ungkap Alsyafri.

Disampaikannya lagi bahwa, tercatat ada tiga gelombang musibah bencana alam banjir yang terjadi di Bolsel, dan yang paling parah terkahir terjadi di Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Tengah dan Pinolosian timur.

“Sehingga nantinya oleh Dikbud saya harapkan segera menyalurkannya ke sekolah-sekolah yang terdampak,” harapnya.

Sementara itu, Kasubag Umum, BPMP Provinsi Sulut, Doni Punu SH. MH menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan berupa perlengkapan alat tulis kantor dan dikhususkan bagi para peserta didik yang terkena dampak, serta satu buah tenda untuk membantu proses belajar mengajar.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya, serta boleh meringankan kondisi para peserta didik dan lembaga satuan pendidikan (sekolah) yang terdampak bencana alam,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel merupakan dinas yang proaktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga banyak prestasi yang diraih.

“Kedepannya kami harap dunia pendidikan di Kabupaten Bolsel akan terus maju dan lebih baik lagi dari saat ini,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dikbud Bolsel, Rante Hattani S.Pd, M.Si melalui Sekretarisnya, Delfian G Thanta mengatakan, bantuan ini nantinya akan disalurkan di 15 Sekolah, baik SD dan SMP yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur.

“Selain bantuan alat tulis menulis untuk peserta didik, ada juga bantuan satu unit tenda berukuran 8 kali 12 yang dapat diperuntukan untuk mendukung proses belajar mengajar,” ungkap Delfian.

Sementara itu, Kepala SD Mataindo, Kecamatan Pinolosian Tengah, Majid Paputungan menyampaikan rasa syukur atas diperolehnya bantuan tersebut.

“Pasca banjir, Pemkab Bolsel sudah turun membantu dan hari ini dari BPMP Provinsi Sulut. Tentu bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak didik kami,” ucapnya.

Turut Hadir dalam kegiatan ini
Asisten III Muh Sudja Alamri, Staf Ahli Bupati Arsad Gobel, SH, Stevi Mononimbar, Kabid PAUD Irma Paputungan. ***