Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment
Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Bolmut Advokasikan Kabupaten Kota Sehat 2023/2024

TAJUK BOLMUT-Setelah meraih penghargaan Swasti Saba Padapa pada penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2021/2022, Pemerintah Kabupaten Bolmut tetap berkomitmen untuk melanjutkan program ini di tahun 2023/2024.

Pada Senin, 9 September, Pemkab Bolmut melalui Dinas Kesehatan menggelar advokasi penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2024 di Aula Coconut Batu Pinagut. Kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Sekda Bolmut, Abdul Nazarudin Maloho, serta narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, dengan melibatkan forum organisasi perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Maloho mengungkapkan bahwa Kabupaten Bolmut telah konsisten meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat selama delapan tahun terakhir. Pada 2015, Bolmut mendapatkan penghargaan kategori Padapa, dilanjutkan dengan kategori Wiwerda pada 2017, dan penghargaan tertinggi kategori Wistara pada 2019. Terakhir, pada 2023, Bolmut kembali meraih kategori Padapa dengan tatanan yang lebih kompleks dan target yang lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, Ali Dumbela, melalui Kepala Bidang Kesmas, Meity Tombinawa, menjelaskan bahwa kegiatan advokasi ini bertujuan untuk mengoordinasikan program lintas sektor dan menggalang dukungan dari berbagai pihak dalam mewujudkan desa sehat, kecamatan sehat, dan kabupaten sehat.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat 2023/2024 mencakup 9 tatanan utuh, dan penilaian akan dilakukan pada tahun 2025.