Pemerintah Kabupaten Bangkalan Advertisment

200 Poktan di Bangkalan Terima Bantuan Mesin Pertanian

TAJUK BANGKALAN – Kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Bangkalan kembali mendapat bantuan alat dan mesin pertanian. Kali ini Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia kembali menyalurkan bantuan berupa pompa air kepada 200 kelompok tani di Bangkalan, Minggu(11/8/2024).

Bantuan pompa air diserahkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Dr. Arief M. Edi, M.Si, didampingi Komandan Kodim 0829 Bangkalan Letkol Inf Nangng Fahrur Rozi, S.Pd, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan Dr. Rachmad, S.Si, M.Si, dan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Bangkalan Ir. Puguh Santoso kepada kelompok tani di Aula Gedung Manunggal Kodim 0829 Bangkalan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan bantuan pompanisasi untuk pertanian ditujukan untuk meningkatkan produktivitas padi di Bangkalan melalui cara Penambahan Areal Tanam (PAT).

“Melalui bantuan pompa air ini, para petani bisa tetap menanam padi pada musim kemarau sehingga yang sebelumnya dalam setahun hanya bisa satu kali panen, saat ini bisa 3-4 kali panen dengan memanfaatkan pengairan sumur bor dan aliran sungai,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dispertahorbun Bangkalan Puguh Santoso menjelaskan, luas lahan sawah di Kabupaten Bangkalan mencapai 29.000 hektar, sawah tadah hujan 21.491 hektar, sawah irigasi 8.049 hektar dan tegal 62.618 hektar.

“Masih ada waktu tersisa selama bulan Agustus sampai dengan bulan September, kami prediksikan nanti capaian dari target bisa mencapai kurang lebih 103%,” tutupnya.(Edi)