Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Wali Kota Asripan Nani dan Bupati Bolsel Tandatangani Kesepakatan Kerjasama

TAJUK KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., dan Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si., menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel, Kamis (4/7/2024).

Kesepakatan tersebut mencakup kerja sama antar daerah dan pengendalian inflasi daerah, dan berlangsung di Kantor Bupati Kabupaten Bolsel.

Dalam sambutannya, Wali Kota Asripan Nani menjelaskan, kerjasama ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua daerah.

“Regulasi memungkinkan daerah untuk bekerja sama, bahkan dalam Tata Kelola Pemerintahan ada konsep Sister City atau Kota Kembar. Kota Kembar dapat saling menyuplai kebutuhan berdasarkan potensi masing-masing daerah,” ujar Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali Kota Kotamobagu menyoroti inflasi di Kota Kotamobagu yang fluktuatif, terutama dipengaruhi oleh harga beras dan cabai.

“Mengapa kami memilih Bolsel sebagai mitra kerjasama? Karena daerah ini memiliki potensi cabai yang luar biasa, terutama di daerah Posigadan. Dengan jarak yang lebih dekat, diharapkan harga cabai dapat lebih terkendali karena biaya transportasi yang lebih murah,” jelas Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Bolsel atas terlaksananya kerjasama ini.

Sementara itu, Bupati Bolsel, Hi. Iskandar Kamaru, juga menekankan pentingnya kerjasama antar daerah sesuai arahan Menteri Dalam Negeri.

“Bolsel merupakan penghasil cabai merah. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir, program padat karya Dana Desa diharuskan menanam cabai di semua desa,” ungkap Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pemerintah Kota Kotamobagu, seraya mengakui bahwa Kotamobagu memiliki kekurangan dalam komoditas cabai, namun Bolsel juga memiliki kekurangan dalam hal daging dan telur.

Turut hadir, Wakil Bupati Kabupaten Bolsel, Deddy Abdul Hamid,  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow, M. Arvan Ohy., S.STP., M.A.P., serta para Asisten dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel.