Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Kotamobagu Ikuti Evaluasi SAKIP Tahun 2024 di Jakarta

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menghadiri Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2024, di Hotel Luwansa, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Kepala Bagian Organisasi Pemkot Kotamobagu, Andi Abasi, S.T., mengatakan, Pemkot Kotamobagu mengikuti evaluasi tersebut yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., beserta beberapa Perangkat Daerah terkait.

“Pihak Evaluator dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia diwakili oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III, Bapak Andi Rahadian, S.H., LL.M.,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Kotamobagu menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Evaluator atas undangan untuk melaksanakan Evaluasi SAKIP secara langsung.

“Alhamdulillah, secara keseluruhan evaluasi berjalan dengan baik. Ada beberapa catatan yang menjadi masukan oleh Tim Evaluator yang akan ditindaklanjuti oleh Tim SAKIP dan seluruh Perangkat Daerah,” tambahnya.

Evaluasi ini bertujuan untuk menilai perkembangan implementasi akuntabilitas kinerja pemerintah. Pada Tahun 2023, Pemerintah Kota Kotamobagu memperoleh nilai 68,59 dengan predikat B. Untuk tahun 2024, Pemkot Kotamobagu menargetkan predikat SAKIP meningkat menjadi BB, yang membutuhkan kerjasama dan keseriusan dari seluruh Perangkat Daerah.

“Evaluasi ini sangat penting dalam menilai sejauh mana implementasi akuntabilitas kinerja telah berjalan. Target kami adalah meningkatkan predikat SAKIP menjadi BB pada tahun 2024, dan hal ini membutuhkan kerjasama yang baik dari seluruh Perangkat Daerah,” tutupnya.