Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemenang Lomba IGA 2024 Akan Masuk Program Perencanaan Pemerintah Daerah

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemenang lomba Innovative Government Award (IGA) tahun 2024 akan dimasukkan dalam program perencanaan pemerintah daerah Kota Kotamobagu.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, saat membuka sosialisasi lomba IGA Kota Kotamobagu ke-5, di kantor Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kotamobagu, Selasa (2/7/2024).

Sofyan Mokoginta menjelaskan perlombaan yang akan digelar pada bulan Agustus nanti bertujuan untuk mendorong inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Lomba IGA ini akan mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat umum untuk berpikir lebih kreatif dalam rangka menciptakan inovasi guna menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan dengan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran,” ucap Sofyan.

Menurut Sofyan, lomba IGA ini wajib diikuti oleh perangkat daerah dan terbagi dalam dua kategori.

“Pertama, kategori untuk perangkat daerah atau ASN yang diwajibkan untuk diikuti setiap perangkat daerah sesuai Perwako. Kedua, kategori masyarakat umum yang terbuka untuk semua elemen masyarakat,” ungkapnya.

Sofyan menegaskan, perlombaan ini bukan hanya untuk mencari pemenang, tetapi pemenang inovasi akan ditindaklanjuti dan didukung oleh perangkat daerah.

“Saya minta buatkan rencana aksi, ada OPD yang memiliki kewenangan untuk mendukung pelaksanaan dari inovasi masyarakat, masukkan dalam dokumen perencanaan, anggarkan supaya dapat diimplementasikan, dan yang paling penting adalah keberlanjutannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Kotamobagu, Chelsia Paputungan, menambahkan, saat ini lomba IGA sedang dalam tahap pendaftaran proposal oleh peserta.

“Saat ini belum ada pendaftar lomba IGA. Untuk teknis penilaian lomba IGA dilakukan melalui presentasi dan wawancara tatap muka langsung dengan juri,” tambahnya.