Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Kotamobagu Gencar Lakukan Intervensi Pencegahan Stunting

TAJUK KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, terus memberikan perhatian besar terhadap gerakan intervensi pencegahan stunting secara serentak.

Berbagai program dan kegiatan percepatan penanganan stunting dilaksanakan oleh lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Salah satu OPD yang aktif dalam gerakan ini adalah Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB).

Selain program pelayanan KB sejuta akseptor, Dinas PPKB juga gencar mengadakan kegiatan Mini Lokakarya (Minlok) untuk mendukung upaya tersebut.

“Untuk Dinas PPKB sendiri, dalam gerakan intervensi pencegahan stunting ini, sudah melaksanakan kegiatan berupa pelayanan KB. Selain itu, kami juga melaksanakan kegiatan Mini Lokakarya,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pergerakan Dinas PPKB Kotamobagu, Cindra Buhang, Senin (10/6/2024).

Dia menjelaskan, Mini Lokakarya bertujuan untuk evaluasi dan pengawalan pelaksanaan pendampingan keluarga oleh Tim Pendamping Keluarga Percepatan Penurunan Stunting (TPK PPS) di setiap desa dan kelurahan.

“Dalam forum Minlok, kami membahas langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan dalam upaya percepatan penurunan stunting. Undangan dalam Minlok ini terdiri dari lintas sektor, termasuk Dinas Kesehatan, para camat, Kader TPK, Kepala Puskesmas, ahli gizi, hingga Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Cindra mengungkapkan, Mini Lokakarya ini telah dilaksanakan di Kecamatan Kotamobagu Selatan dan akan dilanjutkan di kecamatan lainnya.

“Besok pelaksanaan Mini Lokakarya di Kecamatan Kotamobagu Barat, dan selanjutnya di Kecamatan Kotamobagu Utara dan Timur,” tutupnya.