Pemerintah Kabupaten Bangkalan Advertisment

Kementrian Pertanian Optimis Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia Terutama Bangkalan

TAJUK BANGKALAN – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman Kunjungan Kerja Ke Kelurahan Bancaran Kabupaten Bangkalan.

Pulau Madura menjadi contoh bagi daerah lain yang bisa menghasilkan produktivitas tinggi di Indonesia, salah satunya melalui pemanfaatan irigasi dan perpompaan atau (Irpom), maupun pemasangan pompanisasi pada sungai-sungai basah yang tidak pernah kering.

“Mimpi kita ke depan adalah mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia dulu kita pernah swasembada tiga kali berturut-turut dan yang melakukan akselerasi adalah kita semua, bukan Menteri Pertanian saja tetapi  di mana saat itu ada cuaca ekstrim dan juga krisis pangan global,” ucap Mentan saat meninjau penanaman padi di Kelurahan Bancaran Bangkalan, Selasa (14/05/2024).

Pompa air di sawah dapat menghasilkan hasil panen yang melimpah kurang lebih tiga kali proses tanam padi dan panen.

“Khusus bangkalan bisa mencapai 4.468 hektare melalui program perluasan areal tanam (PAT) dan juga pemasangan pompanisasi pompa adalah solusi cepat yang bisa meningkatkan indeks pertanaman menjadi 3 kali dari yang hanya satu kali,” ujarnya.

Sementara Itu Penjabat Bupati Bangkalan Arief M Edie menerangkan, program pompanisasi dan perluasan areal tanam sangat tepat untuk menjadikan Bangkalan sebagai salah satu pemasok pangan masa depan bangsa.

“Kami punya sawah tadah hujan dan sawah kering yang bisa diolah menjadi tiga kali panen dalam setahun  Karena itu kami membutuhkan alat pompa ini, Alhamdulillah dengan bantuan Pak Menteri kami siap meningkatkan produktivitas,” ujar Bupati.(Edi)