Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024 di Bolsel Dibuka

TAJUK BOLSEL– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) telah membuka rekrutmen untuk Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pembentukan Panwaslu Kecamatan ini didasarkan pada Keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024.

Tahapan Pendaftaran

Ketua Bawaslu Bolsel, Wira Bidjuni, mengumumkan bahwa pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwascam akan dimulai pada 23 April dan berlangsung selama tujuh hari, atau hingga 27 April 2024 untuk Panwascam yang saat ini sudah ada. Sedangkan, rekrutmen untuk pendaftar baru akan dimulai pada 5 Mei 2024 hingga 7 Mei 2024.

“Rekrutmen Panwascam kali ini berbeda dari sebelumnya karena menggunakan sistem existing dan perekrutan baru,” kata Wira pada Rabu, 24 April 2024.

Sistem Rekrutmen

Untuk pendaftar existing, mereka adalah anggota Panwaslu Kecamatan yang sebelumnya terlibat dalam Pemilu 2024. Penetapan anggota Panwaslu Kecamatan existing yang memenuhi syarat akan didasarkan pada pemenuhan syarat administrasi dan hasil evaluasi yang memperhatikan hasil konsultasi dengan Bawaslu Provinsi.

Jika jumlah peserta existing di setiap kecamatan kurang dari tiga orang atau tidak memenuhi nilai evaluasi kinerja, maka akan dilakukan proses rekrutmen untuk pendaftar baru. Evaluasi peserta existing dilakukan secara online atau offline, tergantung pada infrastruktur jaringan, dengan evaluasi kinerja langsung dari atasan dan portofolio mereka.

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih detail mengenai pendaftaran bagi calon anggota baru, Wira menyarankan untuk mengakses website dan media sosial Bawaslu Bolsel atau langsung datang ke Kantor Bawaslu di Desa Popodu, Kecamatan Bolaang Uki.

Dengan adanya rekrutmen ini, diharapkan Panwaslu Kecamatan dapat bekerja lebih efektif dalam mengawasi jalannya Pilkada 2024 di Bolsel.***