Pemkab Bolmong Raih Opini Tinggi dari Ombudsman RI

TAJUK BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan opini kategori Tinggi (Zona Hijau) dengan skor 95,05 dari Ombudsman Republik Indonesia dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023.

Capaian ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan skor tahun sebelumnya, di mana Pemkab Bolmong hanya berada dalam zona merah dengan skor nilai 53,32 pada tahun 2022.

“Prestasi dengan skor nilai tinggi ini didasarkan pada hasil evaluasi pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia,” ujar Penjabat Bupati Bolmong, Ir. Limi Mokodompit MM, Sabtu (16/12/2023).

Bukan hanya itu, Bupati Bolmong menyampaikan bahwa Pemkab Bolmong secara keseluruhan menduduki peringkat kedua untuk penilaian pelayanan publik kategori kabupaten/kota, setelah Kota Bitung.

Namun, untuk kategori kabupaten se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Bolmong berhasil menduduki peringkat pertama.

Lebih lanjut, Bupati Bolmong menyatakan bahwa penganugerahan predikat pelayanan publik dari Ombudsman Republik Indonesia dilakukan melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh Assisten Administrasi Umum Ramlah Mokodongan, Inspektorat Daerah Rio Lombone, dan Bagian Organisasi Jenli Mongilong.

“SKPD atau UPP yang dievaluasi meliputi Dinas PMPTSP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Puskesmas Inobonto, dan Puskesmas Tadoy,” ungkap Bupati.

Bupati Limi berharap pencapaian skor ini dapat dipertahankan di tahun mendatang. Penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia menunjukkan bahwa pelayanan publik di lingkungan Pemkab Bolmong sangat baik.

Dia menyampaikan apresiasi terutama kepada Pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Bolmong, terutama kepada OPD yang berperan langsung dalam pelayanan publik.

“Saya memberikan apresiasi kepada pimpinan OPD yang telah bekerja keras dan membantu merubah sistem ini menjadi lebih baik,” tutup Bupati Limi.(ICS)