Kajati Sumut Minta Jajaran Kejaksaan Jaga Netralitas Pemilu 2024

TAJUK PADANGSIDIMPUAN – Kajati Sumatera Utara (Sumut), Idianto, SH, MH, melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Padangsidimpuan, Kamis (28/12/2023) pagi. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Penjabat (Pj) Wali Kota Padangsidimpuan, Dandim 0212/TS, dan unsur Forkopimda.

Dalam acara yang diawali dengan penyambutan adat khas Angkola, Kajati Sumut menyampaikan pentingnya menjaga netralitas dalam menyambut Pemilu 2024. Turut mendampingi Kajati, Aspidsus Kejati Sumut, Dr Iwan Ginting, SH, MH, dan beberapa pejabat Kejati lainnya.

Plh Kajari Kota Padangsidimpuan, Elan Jaelani, SH, MH, menyambut Kajati beserta rombongan dengan meriah. Acara dilanjutkan dengan pengarahan internal bagi jajaran Kejaksaan se-Tabagsel oleh Kajati, yang menegaskan larangan keterlibatan jajaran Kejaksaan dalam politik praktis.

“Kajati menekankan agar jajaran Kejaksaan tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024. Beliau tak akan mentolerir jika ada jajaran Kejaksaan yang terlibat dalam politik praktis,” ungkap Kasi Intel Kejari Kota Padangsidimpuan, Yunius Zega, SH, MH.

Selain itu, Kajati juga mengajak jajaran Kejaksaan untuk merefleksikan tugas dan tanggung jawab di akhir tahun ini. Beliau berharap agar jajaran Kejaksaan dapat bertugas lebih maksimal di tahun yang akan datang. Motivasi dan semangat pun disampaikan oleh Kajati untuk mendorong kinerja Kejaksaan.

Kajati Sumut juga menitip pesan agar jajaran Kejaksaan tetap menggalang sinergitas yang harmonis dengan unsur Forkopimda. Sinergi ini dianggap penting agar Kejaksaan dapat berperan aktif dalam kemajuan suatu daerah.

Usai memberikan pengarahan, Kajati Sumut dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Kejari Tapanuli Selatan dan dilanjutkan ke Kota Sibolga sebagai rangkaian tugas kunjungan kerja mereka.(Stevenson)