JIPS Gelar Ibadah Pra Natal di Kantor Gubernur Sulut

TAJUK SULUT – Suasana kekeluargaan dan kebersamaan dalam keberagaman menjadi sorotan utama dalam perayaan Ibadah Pra Natal Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS).

Kegiatan yang digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara Kamis 14 Desemeber 2023, tidak hanya dihadiri oleh warga beragama Kristen, tetapi juga dimeriahkan oleh partisipasi sejumlah warga beragama Muslim.

Suasana yang tercipta sesuai dengan tema yang diambil oleh Panitia Pelaksana, yaitu “Kasih Menembus Perbedaan.” Sebelum ibadah dimulai, kegiatan diawali dengan penampilan Kasidah dari Hadrah PMII Metro Manado. Doa pembukaan pun disampaikan oleh perwakilan dari Kristen dan Muslim.

Menariknya, Ketua Panitia kegiatan ini, Rahman Ismail, seorang anggota JIPS yang beragama Muslim, turut memimpin kegiatan dengan penuh semangat.

“Ini memang sudah menjadi tradisi di JIPS jika ada kegiatan hari raya baik Natal maupun Idul Fitri, panitianya diketuai oleh yang berbeda agama. Ini menandakan JIPS bukan hanya menyajikan pemberitaan sebagai tugas pokok, namun juga menjadi pelopor perdamaian,” ungkap Rahman Ismail dalam sambutannya.

Sementara itu, Koordinator JIPS, Irvan Sembeng, juga menegaskan bahwa sehari sebelum pelaksanaan Ibadah Pra Natal, dilakukan Bakti Sosial di dua Panti Asuhan, yaitu Panti Asuhan Bakti Mulia dan Panti Asuhan Al Ikwhan di Kota Manado.

Hal ini menjadi bukti bahwa JIPS tidak memprioritaskan satu agama saja, melainkan dapat hidup berdampingan dalam menjaga toleransi antar umat beragama.

Sekretaris Provinsi Sulut, Steve Kepel, yang hadir mewakili Gubernur, menyampaikan keberhasilan Pemprov Sulut meraih penghargaan Pelayanan Publik terbaik se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima oleh Wakil Gubernur, Drs. Steven Kandouw, pada Kamis (14/12/2023). Kepel juga menyoroti peran JIPS yang sangat signifikan dalam menginformasikan setiap program dan kegiatan Pemprov Sulut kepada masyarakat.

“Kalo nda ada JIPS, tidak ada yang tahu kinerja dari Pemprov Sulut. Segala informasi dari Pemprov Sulut tidak akan tersampaikan ke masyarakat di semua strata,” tambah Kepel.

Diketahui, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Provinsi Steve Kepel, dan jajaran Pemprov Sulut. Ibadah dipimpin oleh Pdt. Nixon Lumi STh, serta turut memeriahkan aksi teatrikal Tim Teater Jasofeh Youth GMIM Solafide Perkamil, Paduan Suara Pemprov Sulut, serta Kolintang Matuari Bethwin Winangun.(ICS)