Gubernur Olly Resmikan Satdik IV Kodiklatal di Likupang

TAJUK SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Prof. DR. (HC) Olly Dondokambey, SE, meresmikan Satuan Pendidikan (Satdik) IV Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), yang berlangsung di Desa Pinenek, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Selasa (12/12/2023).

Gubernur Olly mengawali sambutannya dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Staf Laksamana TNI AL (KSAL), Muhamad Ali, yang memilih Sulut sebagai tempat untuk Satdik IV.

Dia mengatakan, banyak warga Sulut yang berminat untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut, mengingat provinsi ini dikelilingi oleh laut dan memiliki tiga kabupaten di wilayah kepulauan.

“Memang di Sulut banyak yang berminat menjadi Pelaut (TNI AL). Kita punya 3 Kabupaten di daerah Kepulauan, tapi Kabupaten lain juga rata-rata berada disisi laut. Jadi memang Sulut di lingkari oleh laut,” ungkap Gubernur Olly.

Dia menambahkan, hadirnya Satdik IV di Sulut merupakan wujud nyata dukungan TNI AL terhadap provinsi ini. Selain itu, dengan Likupang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata, kehadiran TNI AL di sana diharapkan dapat meningkatkan rasa aman bagi wisatawan.

“Apa lagi Likupang ini menjadi satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bidang Pariwisata. Dengan hadirnya TNI AL di sini otomatis para wisatawan yang berkunjung ke Likupang Nanti akan merasa lebih aman, karena ada TNI AL yang mengawasi disekitar daerah pariwisata,” jelasnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi dukungan Danlantamal VIII Manado yang telah membantu kejuaraan Ski Air di Danau Tondano. Sebagai bentuk apresiasi, dia berjanji untuk menyerahkan 4 unit sepeda motor kepada Satdik IV.

“Sementara itu dulu, sebab akhir Tahun. Nanti kita serahkan ke Sekolah ini, biar operasionalnya bisa lebih cepat,” tutupnya.(ICS)