Faperta UDK Gelar PKM di Desa Matabulu Timur

TAJUK BOLTIM – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dan Sosialisasi Pengenalan Program Studi Ilmu Perikanan kepada para pemuda Karang Taruna di Desa Matabulu Timur, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jumat (15/12/2023).

Koordinator Program Studi Ilmu Perikanan, Dias Asthisa, S.Kel., M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah PKM.

“Kegiatan ini memiliki tema ekosistem pesisir dengan tujuan memberikan informasi dan mengajak masyarakat, khususnya pemuda Karang Taruna, untuk menjaga kelestarian wilayah pesisir guna mencegah kerusakan dan kepunahan. Hal ini bertujuan agar generasi mendatang masih dapat menikmati keindahan dan sumber daya hayati yang ada di Desa Matabulu Timur,” ujarnya.

Dosen yang juga menjabat sebagai Ketua PPS Desa Purworejo ini menambahkan, menjaga kelestarian lingkungan pesisir akan berkontribusi pada keberlangsungan hidup yang lebih lama.

Dia juga menekankan Program Studi Ilmu Perikanan merupakan satu-satunya program studi perikanan yang tersedia di Bolaang Mongondow Raya (BMR), dan UDK menjadi satu-satunya kampus di wilayah tersebut yang menyelenggarakan program studi tersebut.

“Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan berminat dengan jurusan ini, bisa langsung datang mendaftar di UDK atau melalui pendaftaran online,” tutupnya.

PKM dan sosialisasi ini dihadiri oleh Sangadi Matabulu Timur, Rudyanto Mamonto, S.Pd, serta aparat desa Matabulu Timur.(YA)