Dinkes Boltim Gelar Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan

TAJUK BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Penyuluhan Keamanan Pangan, bagi Industri Rumah Tangga, di Desa Modayag Timur, Kecamatan Modayag, Rabu (6/12/2023).

Kepala Dinkes Boltim, Saifudin Gobel, mengatakan, kegiatan penyuluhan ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan sertifikat bagi para pelaku industri pangan rumah tangga.

“Industri pangan rumah tangga merupakan salah satu langkah dan upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini, industri rumah tangga yang sudah mendapat sertifikat adalah sebanyak 25 industri,” kata Gobel.

Menurutnya, Bimtek ini untuk memberikan informasi kepada para produsen industri rumah tangga mengenai cara pengolahan dan pemilihan bahan yang baik.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada produsen industri rumah tangga mengenai bagaimana cara pengolahan dan pemilihan bahan yang baik dalam produksi pangan rumah tangga. Selain itu, untuk melindungi masyarakat (konsumen) dari pangan yang dapat merugikan masyarakat. Oleh karena itu, para pelaku industri rumahan agar dapat menerapkan produksi sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujar Gobel.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Sonny J. Warokka, mengimbau kepada para pelaku industri rumah tangga. Dia meminta agar mereka mampu memproduksi pangan yang baik sesuai dengan standar gizi dan keamanan pangan. Warokka juga menekankan pentingnya memahami teknik produksi yang baik dan berkualitas.

“Orang yang fokus dengan industri rumah tangga tidak hanya membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi juga mewujudkan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang sejahtera. Untuk meningkatkan industri, para penggiat industri rumah tangga juga dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh pihak bank,” ujar Sonny.(YA)