BPS Sulut Gelar Rakorda Diseminasi Data Sensus Pertanian Tahun 2023

TAJUK SULUT – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Diseminasi Data Sensus Pertanian Tahun 2023, di The Sentra Hotel Manado, Kamis (07/12/2023).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, yang diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Syaloom Korompis.

Syaloom Korompis menyampaikan apresiasinya terhadap BPS yang menyelenggarakan Rakorda ini.

“Kiranya Rakorda ini dapat berjalan dengan sukses,” ujarnya dalam pertemuan dengan Kepala BPS Provinsi Sulut, Asim Saputra.

Menurut Syaloom, Diseminasi Data Sensus Pertanian Tahun 2023 merupakan langkah strategis untuk memahami kondisi sektor pertanian di Sulut.

Ini menjadi landasan analisis tantangan yang dihadapi untuk merancang kebijakan yang efektif dalam memajukan sektor pertanian yang memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah Sulut.

“Distribusi PDRB Sulut menunjukkan bahwa pertanian, kehutanan, dan perikanan memberikan kontribusi terbesar, yaitu sekitar 20,55 persen per triwulan tiga Tahun 2023,” terang Syaloom.

Dia juga menekankan bahwa sektor pertanian memiliki peran vital dalam perekonomian Sulut, mencapai 22,82 persen dari jumlah penduduk yang bekerja di daerah tersebut pada Agustus Tahun 2023.

“Pentingnya sektor pertanian terbukti saat menghadapi krisis ekonomi seperti pandemi Covid-19. Meskipun PDRB mengalami pertumbuhan negatif, sektor pertanian mampu tumbuh positif dan menjadi penopang ekonomi Sulut pada saat itu,” kata Syaloom.

Dalam konteks pasca pandemi, kinerja sektor pertanian terus menunjukkan pertumbuhan positif. Rakorda ini diharapkan dapat memberikan gambaran perkembangan pembangunan pertanian di Sulut, membantu perancangan kebijakan di masa mendatang, terutama dalam rangka merancang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2025.

Sebelumnya, Kepala BPS Sulut, Asim Saputra, menjelaskan Rakorda ini merupakan bagian dari upaya BPS untuk mengkoordinasikan langkah-langkah terakhir dalam Sensus Pertanian 2023.

“Hasil rilis data sensus tersebut mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Provinsi Sulut, yang diharapkan akan mendukung pembangunan sektor pertanian di masa mendatang,” ujar Asim.(ICS)