Sulut jadi Tuan Rumah Ajang Bintang Radio Indonesia 2023

TAJUK MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menjadi pusat perhatian nasional pada tanggal 27 November hingga 2 Desember 2023, dengan diselenggarakannya ajang bergengsi Bintang Radio Indonesia Tahun 2023. Pemilihan Sulut sebagai tuan rumah event nasional ini disambut antusias, berkat peran Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, dan Wakil Gubernur, Drs. Steven Kandouw.

Ketua Umum Panitia, Rio AJ Dondokambey BS, mengajak masyarakat Sulut untuk mendukung suksesnya Bintang Radio 2023. “Ayo bersama kita sukseskan serta meriahkan event nasional Bintang Radio 2023,” ajak Rio.

Rio juga mengundang generasi muda Sulut yang memiliki bakat di dunia tarik suara untuk turut serta dalam Bintang Radio 2023. “Ini event tingkat nasional yang bergengsi, jadi bila terdapat pemuda pemudi Sulut yang memiliki kemampuan, bisa ikut turut serta, dengan begitu kita sukses selaku tuan rumah dan berhasil penerapan,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulut yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw telah mengadakan konferensi pers pada Jumat, 4 November 2023. Wakil Gubernur Kandouw mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung event spektakuler ini.

“Pastinya, baik warga ataupun Pemerintah Provinsi sangat mendukung event spektakuler ini. Sebab sejalan dengan road map, hingga pak Gubernur kita langsung menyetujui event ini diselenggarakan di Kota Manado,” kata Wakil Gubernur Kandouw.

Tema yang diusung dalam Bintang Radio 2023 adalah “Seni Merangkai Keberagaman,” yang sesuai dengan kondisi masyarakat Sulut yang beragam dan heterogen. Wagub Kandouw berharap agar event ini dapat mempengaruhi pembentukan peradaban dan sendi-sendi kehidupan berbangsa serta bernegara.

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha RRI, Yohanes Markus Tuhuleruw, mengatakan, Kota Manado dipilih sebagai lokasi pelaksanaan event karena menjadi barometer toleransi di Indonesia. Dia menargetkan partisipasi 5 hingga 10 ribu peserta dari seluruh pelosok tanah air.

Event ini terbuka untuk semua, baik laki-laki maupun perempuan. Proses seleksi akan melibatkan kurasi oleh satuan kerja di Kabupaten/Kota, dengan grand final yang akan dilaksanakan di komplek Tumbuhan Kasih Megamas Manado pada 2 Desember 2023.

Bintang Radio Indonesia 2023 diharapkan tidak hanya sukses penyelenggarannya namun juga dapat berkontribusi pada pembentukan peradaban serta menjaga pluralisme dan keberagaman di republik tercinta ini.(ICS)