Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Wali Kota Asripan Nani Hadiri Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik dan Praktik Kebidanan IKTGM

TAJUK KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., menghadiri acara pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan praktik kebidanan komunitas Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika (IKTGM) Kotamobagu, di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu, Rabu (25/10/2023).

Wali Kota Asripan Nani memberi apresiasi kepada pihak yayasan, Rektor, dan seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan acara.

“Pemerintah Kota Kotamobagu mengapresiasi pihak yayasan, Rektor, beserta semua jajaran yang sudah menjadwalkan dan meminta kesediaan kami untuk dapat hadir pada kegiatan pelepasan ini,” ujarnya.

Menurutnya, KKN merupakan wadah untuk mengaktualisasikan ilmu yang sudah diperoleh di bangku kuliah.

“Biasanya di kampus kita hanya memperoleh pengetahuan atau transfer ilmu dari para dosen, tetapi menjadi seorang mahasiswa bahkan sarjana tidak cukup hanya ditempah ilmu pengetahuan dari dosen karena kematangan seseorang itu tidak cukup hanya kematangan intelektual saja tetapi ada beberapa kematangan yang harus disiapkan seperti kematangan spiritual,emosional serta kematangan sosial,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, KKN merupakan salah satu implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu dedikasi kepada masyarakat.

“Jadi, biasanya nanti adik-adik mencari kecocokan pikiran apa yang didapatkan di kampus, apakah benar teori-teori yang kita pelajari itu implementasinya cocok dengan yang terdapat di lapangan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Riski Fauzan, dalam laporannya menyampaikan, KKN ini merupakan aktivitas intra kurikuler yang telah diatur oleh LPPM IKTGM Kotamobagu.

“Pada pelaksanaan tahun ini, diikuti oleh 108 mahasiswa, termasuk 14 mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, 37 mahasiswa DIII Program Studi Kebidanan, 57 mahasiswa program Studi S1 keperawatan, dan 20 mahasiswa yang mengikuti KKN tematik merdeka belajar di kampus merdeka atau KKNTMBKM. Mahasiswa KKN akan ditempatkan di 6 kelurahan yang terdapat di Kecamatan Kotamobagu Barat,” tambahnya.

Riski Fauzan berharap agar KKN ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat, terutama dalam pembinaan kesehatan secara berkesinambungan di Kecamatan Kotamobagu Barat.

“Saya meminta kerjasama dari semua pihak selama berlangsungnya aktivitas KKN Tematik dan kebidanan ini,” harapnya.(YA)