DPRD Kota Kotamobagu Advertisment

Komunitas Kesehatan Bersinergi dengan Biddokkes Polda Sulut Sukseskan Pemilu 2023-2024

TAJUK KESEHATAN – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Rumah Sakit Bhayangkara Manado, menggelar pertemuan strategis dengan komunitas kesehatan pada Kamis malam, 19 Oktober 2023, di Manado. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan dukungan kesehatan optimal bagi pengamanan dan penyelenggaraan Pemilu serentak di wilayah Provinsi Sulut.

Para pemimpin dan perwakilan dari lembaga kesehatan seperti Biddokkes Polda Sulut, Rumah Sakit Bhayangkara Manado, Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dan Dinas Kesehatan Kota Manado hadir dalam acara silaturahmi tersebut. Turut pula dihadiri oleh lembaga kesehatan dari TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Sulut Kombes Pol dr. Sucipto, DFM, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. Arahan tersebut menekankan pentingnya menjaga kesehatan anggota Polri, personel pengamanan, dan petugas PPS agar tidak menghadapi hambatan kesehatan selama pelaksanaan tahapan Pemilu.

Sucipto menekankan bahwa dukungan kesehatan harus dilakukan secara terkoordinasi dan bersama-sama oleh seluruh komunitas kesehatan di Provinsi Sulut. Ia juga mencatat bahwa sinergitas ini telah diuji selama penanganan pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, diputuskan untuk mengaktifkan kembali jaringan WhatsApp Group koordinasi yang sebelumnya digunakan selama penanganan Covid-19. Hal ini diharapkan dapat memastikan komunikasi efektif dalam mendukung kesehatan pada pengamanan dan penyelenggaraan Pemilu.

“Kita mengimbau agar personel yang memiliki hambatan kesehatan tidak ditugaskan, terutama yang sudah tua atau dalam keadaan sakit,” kata Sucipto, Sabtu (21/10/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dilakukan pengisian screening kesehatan oleh personel Polri menggunakan fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan.

Grup kesehatan juga memberikan imbauan kepada personel pengamanan dan petugas PPS untuk cukup istirahat sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

“Bila besok bertugas, hari ini harus rehat. Sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tambah Sucipto.

Tak hanya itu, grup kesehatan juga memberikan rekomendasi terkait bekal kesehatan yang sesuai untuk para personel di lapangan, termasuk obat, suplemen, dan vitamin yang dibutuhkan agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kesehatan personel pengamanan dan petugas PPS dapat terjaga dengan baik selama pelaksanaan Pemilu 2023-2024 di Provinsi Sulut.(ICS)