Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

KMKP Survei Puskesmas Gogagoman

TAJUK KOTAMOBAGU – Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP), melakukan survei akreditas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gogagoman, yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Barat.

Pelaksanaan survei akreditasi yang dipimpin ketua KMKP Ns. Olvinda Maki, S.Kep., Msi dan anggota dr. Erzi Iskandar Deu, dimulai tanggal 4 Oktober 2023 secara Daring, dan secara Luring tanggal 6 sampai 7 Oktober 2023.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu, dr. Wahdania Mantang, M.Kes., Senin (9/10/2023) mengatakan, tujuan dilakukan survei akreditasi, adalah untuk menilai mutu pelayanan yang ada di Puskesmas Gogagoman.

“Selain itu, untuk mempertahankaan status akreditasi Paripurna PKM Gogagoman, yang sudah diraih pada tahun 2019 lalu dan merupakan satu-satunya Puskesmas dengan status Paripurna se Sulawesi Utara,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, penilaian dilakukan terhadap pelayanan yang ada diluar gedung, seperti Posyandu dan Pelayanan dalam gedung mulai dari sistem pendaftaran, sistem pemeriksaan yang sudah menggunakan IT (papperless), sampai pada penerimaan obat, dan penyesuaian dokumen dengan fakta yang dilakukan.

“Dari segi prasarana dinilai juga pemenuhan SDMK, pemenuhan Peralatan, penataan alat, dan instrumen, sistem pembuangan limbah, pengelolaan linen, pengelolaan rekam medik dan pemenuhan prasarana lainnya sesuai PMK no 43 tahun 2019,” tambahnya.

Dia juga berharap dapat mempertahankan status Paripurna kembali, dan semua PKM yang ada di Kotamobagu bisa meraih Paripurna.

“Adapun, lintas sektor yang ikut mensukseskan kegiatan survey akreditasi pada sesi wawancara, adalah anggota dewan drg. Haris Mongilong, Camat Kotamobagu Barat, dan semua Lurah di wilayah Kotamobagu Barat,” tutupnya.(YA)