Direktorat Polairud Polda Sulut Membersihkan Sampah Laut di Bitung

TAJUK HUKRIM – Direktorat Polairud Polda Sulawesi Utara (Sulut) membersihkan sampah laut di sepanjang pesisir pantai Kelurahan Tandurusa, dan Perairan Selat Lembeh, Kecamatan Aertembaga Bitung, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara Pemerintah Kelurahan Tandurusa, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Dirpolairud Polda Sulut, Kombes Pol Kukuh Prabowo, melalui Kasubdit Patroli Ditpolairud AKBP Alfianto DJ, mengatakan, selain melibatkan personel Polairud, juga diikuti oleh Pemerintah dan beberapa elemen masyarakat yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Dalam rangka kegiatan tersebut, puluhan personel Ditpolairud bersama warga setempat membersihkan ratusan kilogram sampah organik dan non-organik.

“Sampah organik kami bakar di tempat yang sudah disiapkan, sedangkan sampah non-organik diangkut oleh mobil sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung dan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujarnya.

Personel Polairud menggunakan Kapal Patroli (KP) XV – 102 dan satu unit perahu karet untuk menjelajahi Selat Lembeh dan Pesisir Pantai Tandurusa.

“Kegiatan bersih-bersih pantai ini melibatkan seluruh jajaran Ditpolairud di seluruh Indonesia,” tambahnya.

AKBP Alfianto juga mengajak masyarakat agar terus peduli terhadap lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Pantai memberikan berbagai sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia, sehingga apabila lingkungannya dijaga akan berdampak pada peningkatan keindahan alam. Juga dapat meningkatkan potensi wisata, dan membantu masyarakat pesisir dalam meningkatkan perekonomian,” tutup AKBP Alfianto.(ICS)