Deddy Abdul Hamid Hadiri Lokakarya Internalisasi dan Institusionalisasi Nilai Pancasila

TAJUK BOLSEL – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongodow Selatan (Bolsel), Deddy Abdul Hamid, menghadiri Lokakarya Internalisasi, dan Institusionalisasi Nilai Pancasila dalam Pembentukan Peraturan Perundangundangan Pemerintah Daerah, yang digelar di Hotel Mercure Batavia Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Menurut Wabup, kegiatan sosialiasi yang diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP-RI) tersebut, akan berlangsung selama dua hari.

“Sosialisasi dibuka langsung Kepala BPIP-RI Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi MA, PhD melalui Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi Kemas Akhmad Tajuddin SH, MH. Deputi menjelaskan Pancasila merupakan dasar segala hukum, serta Pancasila sebagai dasar dalam pembentukan perpu, dan kebijakan,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, diketahui regulasi yang ada 70% telah sesuai dengan pancasila, sehingga jika ada rekomendasi regulasi peraturan belum atau tidak sesuai dengan Pancasila, maka regulasi tersebut harus direvisi atau dicabut.

“Tujuan sosialisasi ini untuk mencegah terjadinya ketidaksesuaian antara regulasi dengan pancasila, dan saat ini BPIP telah bekerja sama dengan DPR RI, Kemenkumham, Kemendagri serta instansi terkait dan juga Pemerintah Daerah,” tutupnya.(RD)