Bupati Sachrul Terima Kunjungan Kepala BPK RI Perwakilan Sulut

TAJUK BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), DR (Cand) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, bersama jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Boltim, menerima kunjungan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Arief Fadillah, SE, ME, CSFA, di Ruang Bupati, Jumat( 20/ 10/ 2023).

Kunjungan Kepala BPK tersebut merupakan bagian dari supervisi kepala tim pemeriksa BPK-RI yang lebih dahulu sudah melaksanakan pemeriksaan prevalensi stunting di Kabupaten Boltim.

Dalam pertemuan itu, Sachrul mengatakan, Pemerintah Daerah Boltim telah melakukan upaya penanggulangan serta pencegahan stunting dengan maksimal. Oleh sebab itu, dia mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala BPK- RI beserta jajarannya yang datang melihat secara langsung upaya penanganan yang sudah dilakukan.

“Pemerintah Daerah optimis agar kasus stunting di Boltim akan menurun, karena jajaran terkait telah melaksanakan penanganan dan upaya pencegahan stunting secara maksimal. Terima kasih kepada Kepala BPK yang telah melakukan kunjungan di Boltim terkait dengan pemeriksaan kinerja atas upaya Pemda melakukan percepatan penurunan prevalensi stunting,” ujar Bupati.

Sementara itu, Inspektur Daerah, Ade Herly Mokoginta SH, mengatakan Kepala BPK dan jajaran pejabat datang untuk melakukan supervisi untuk tim kerja BPK yang telah berada di Boltim dalam pemeriksaan kinerja mengenai penanganan stunting.

“Kunjungan ini untuk melakukan supervisi. Telah ada tim BPK yang melaksanakan pemeriksaan kinerja dalam rangka pencegahan dan penanganan juga penurunan stunting yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa,” ujar Ade.

Menurutnya pelaksanaan pemeriksaan BPK terhadap penanganan stunting di Boltim akan dilaksanakan selama 30 hari, sejak tanggal 15 Oktober sampai dengan 13 November nanti.

“Tim BPK sudah turun untuk melakukan pemeriksaan tentang upaya penanganan stunting sampai ke Desa-Desa,” tutup Ade.

Diketahui, Pemerintah Daerah pada tahun ini telah membentuk tim dan fokus untuk menangani stunting di Boltim. Bahkan upaya penanganan dan pencegahan dilakukan secara keroyokan bersama-sama dengan semua Pemerintah Desa. Di mana Tim Kerja penanganan stunting dikoordinir oleh Bappeda dan beberapa instansi terkait.

Turut hadir, Sekda DR. J. Sonny Warokka, Asisten I, Asisten III, Inspektur Daerah, Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan, Kepala PP-KB, Kadis Kominfo, Kadis PMD, dan Kadis.(YA)