Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

BPBD Kotamobagu Imbau Warga Waspada Bencana Alam

TAJUK KOTAMOBAGU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu, mengimbau warga di sekitar bukit dan di bantara sungai, agar waspada bencana akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Kepala BPBD Alfian Hassan, Senin (10/7/2023) mengatakan, Intensitas curah hujan yang tinggi dikhawatirkan dapat mengakibatkan sejumlah bencana alam seperti, banjir dan tanah longsor.

“BPBD Kotamobagu, kembali mengimbau warga yang tinggal di dekat bantaran sungai untuk selalu waspada. Dan warga yang bermukim di bawah bukit, untuk meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya tanah longsor. Cuaca ektrim sedang melanda Kotamobagu dan sejumlah wilayah lainnya. Sehingga penting untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, curah hujan yang tinggi bisa berdampak pada meluapnya air di drainase atau sungai, sehingga masuk ke pemukiman warga. Juga, dengan curah hujan tinggi itu, struktur tanah akan sangat mudah longsor.

“Jika hujan masih terus turun, sebaiknya tetap waspada, kami akan terus melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan bencana banjir dan longsor. Akan terus kami pantau di lapangan, jika ada yang berpotensi, maka warga di sekitar akan diarahkan untuk mengungsi sementara, saat kondisi masih terbilang stabil meski air di sungai dan drainase meningkat. Jangan panik, namun tetap waspada. Kita berharap Kotamobagu jauh dari bencana apapun termasuk bencana alam,” tutupnya.