Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Resmikan RS Pratama Dumoga

TAJUK BOLMONG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, meresmikan Rumah Sakit Tipe D Pratama Dumoga, Kabupaten Bolmong, Senin (19/6/2023).

“Tentunya atas nama Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam rangka mempersiapkan sarana prasarana pelayanan dasar bagi masyarakat Bolaang Mongondow. Karena memang itu menjadi satu tugas pemerintah berada di tengah-tengah masyarakat untuk mempermudah pelayanan kesehatan,” kata Gubernur.

Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Resmikan RS Pratama Dumoga

Pada kesempatan ini, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, mengatakan, Rumah Sakit Kelas D Pratama Dumoga berstatus sebagai unit pelaksana teknis, dan sebagai rumah sakit penunjang RSUD Datoe Binangkang yang berada jauh di Lolak.

“Pembangunan rumah sakit ini dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat yang kurang mampu. Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2014 tentang rumah sakit kelas D pertama,” kata Bupati.

Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Resmikan RS Pratama Dumoga

Bupati juga berharap, dengan dibangunnya rumah sakit Pratama di Dumoga ini bisa memberikan kemudahan dan efisiensi bagi seluruh masyarakat. Selain itu, diharapkan Rumah Sakit Pratama ini juga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat.

“Pembangunan rumah sakit ini juga bertujuan untuk memberikan pemerataan fasilitas kesehatan sekaligus mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Khususnya di wilayah Dumoga bersatu dan sekitarnya mengingat rumah sakit umum Daerah Datoe Binangkang yang berada di luar dan jauh dari wilayah Dumoga,” tambahnya.

Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Resmikan RS Pratama Dumoga

Dengan jarak yang jauh dan agak sulit dijangkau serta kondisi geografis serta luasnya wilayah kabupaten menjadi alasan dibangunnya rumah sakit Pratama ini.

“Dengan diresmikan oleh bapak Gubernur sebagai pertanda dimulainya pelayanan kesehatan di daerah ini. Harapan kami, semoga dengan adanya rumah sakit ini masyarakat akan memperoleh pelayanan kesehatan yang semakin baik. Dan, pada akhirnya mampu meningkatkan angka harapan hidup,” kata Limi.

Pj Bupati Bolmong Dampingi Gubernur Resmikan RS Pratama Dumoga

Diketahui, Rumah Sakit kelas D Pratama yang diresmikan Gubernur Sulut, direncanakan akan naik statusnya menjadi RS kelas D pada Desember 2023 ini, ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bolmong Julin Papuling.

Peningkatan kelas dapat dilakukan karena kriteria rumah sakit kelas D bisa terpenuhi dengan fasilitas yang ada. Dimana, fasilitas tempat tidur yang tersedia ada 50 tempat tidur, selain itu jumlah tenaga dokter juga mencukupi. RS kelas D Pratama ini juga didukung tenaga dokter dari RSUD Datoe Binangkang.(Advertorial)