Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Carnaval Budaya Bakal Warnai Pembukaan Fesbudjaton ke-XVII di Kotamobagu

TAJUK KOTAMOBAGU – Pagelaran Festival Budaya Jawa Tondano (Fesbudjaton) se Indonesia Timur ke-XVII di Kota Kotamobagu, akan dimeriahkan dengan carnaval budaya dari berbagai etnis yang ada di Kota Kotamobagu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, Kamis (15/6/2023). Menurutnya, dalam acara pembukaan nanti akan dimeriahkan dengan carnaval budaya dari berbagai etnis yang ada di Kota Kotamobagu.

“Untuk mensuport pagelaran ini, pada acara pembukaan nanti ada penampilan carnaval yang saat ini tengah kami persiapkan. Mulai dari etnis Bugis, Jawa, Bali, Sanger, Gorontalo dan tentunya Bolaang Mongondow. Jadi kegiatan ini akan mengkolaborasikan semua etnis di Kota Kotamobagu sebagai wujud hidup berdampingan dalam kebhinekaan,” ujar Anki.

Dia juga mengatakan, pihaknya sangat bersyukur agenda tahunan etnis Jaton di Indonesia Timur memilih Kota Kotamobagu sebagai tempat pelaksanaan event sehingga akan mendukung suksesnya kegiatan.

“Disbudpar tentu sangat mendukung, karena ini adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, kita harus menangkap ini sebagai potensi ekonomi, pariwisata serta religi budaya, karena adat Jaton mengusung nilai religi, ini ada kesamaan dengan Kotamobagu karena kita adalah daerah eks swa praja yang sangat memegang teguh warisan budaya religi,” tutupnya.